Sunday 14 May 2017

GARPU KAB. KEDIRI

Hari ini 15 Mei 2017 dinas kesehatan kabupaten Kediri mengadakan acara refresing GARPU.
Mungkin anda bertanya-tanya apa Garpu itu?
GARPU adalah suatu terobosan dari Dinas Kesehatan kabupaten Kediri dalam upaya penurunan AKI dan AKB dengan gerakan peduli Keluarga. Disini semua pihak dilibatkan untuk peduli pada ibu hamil bayi, mulai dari keluarga  sendiri, lingkungan RT RW dusun, desa, kecamatan dari lini kesehatan mulai dari kader posyandu, Bidan desa, Puskesmas, dinas Kesehatan semua bahu membahu, peduli pada ibu hamil bersalin nifas, dan bayi. 
sebagai seorang bidan kadang kita menemukan ibu hamil resiko tinggi yang tidak merasa  bahwa bahaya mengancam, bisa kita bayangkan bagaimana sulitnya kita sebagai tenaga kesehatan untuk mengarahkan ibu hamil tersebut untuk mau di rujuk kefasilitas yang lebih mumpuni. disinilah GARPU beraksi, dimulai dari kepedulian keluarga, lingkungan RT, RW, desa, dan bahkan camatpun di harapkan kepedulian pada ibu Hamil. terkadang Camat harus turun ke desa untuk terlibat dalam rujukan Ibu hamil. bahkan sering pula pihak kepolisian (Babinkamtibmas) dan tentara (Babinsa) terlibat dalam perujukan Ibu hamil Resiko Tinggi. 
Garpu mendapatkan dukungan dari lini Pemeritahan, Mulai Bupati, camat, Desa. semua semata-mata untuk penurunan AKI dan AKB.
sukses Garpu Kabupaten kediri... YES!!!!! YES!!!! YES!!!!

No comments:

Post a Comment