Sunday 31 December 2017

Family Planning

Kartu TINDAS Sehat (Kartu Pengantin Cerdas dan Sehat )
Ini hanya Pemikiran Saya sebagai seorang Bidan bagaimana seandainya diciptakan kartu TINDAS Sehat.
Kartu ini memiliki kedudukan yang sama dengan Kartu TT, jadi seorang Calon pengantin (Couple) wajib memiliki Kartu TINDAS Sehat. Sebagai persyaratan administrasi Calon Pengantin.
Kartu Ini berisikan Check list penyuluhan apasaja yang harus di dapatkan oleh calon pengantin. Dan lebih bersifat pada Family Planning.
perencanaan ini bersifat komperhensif. dan ini lebih bersifat pada pembekalan pada pasangan calon pengantin . dan pembekalan ini meliputi
1. Healhty (kesehatan )
2. Financial ( keuangan)
3. Psychology
4. lingkungan
kita kupas satu persatu
Kesehatan.
Pernikahan akan melahirkan generasi penerus kita, dan ini membutuhkan persiapan dari orang tua. ketika seorang wanita periksa hamil dia akan ditanya kapan Haid terakhir dan tidak sedikit dari pasangan muda ini lupa pada haid terakhirnya. ini membuktikan bahwa pendidikan tentang kesehatan reproduksi pada wanita calon pengantin sangatlah kurang. mungkin hal ini diaangap tabu oleh masyarakat kita yang masih kental dengan budaya Timur sehingga sesuatu yang berhubungan dengan sex itu dianggap tabu.
pendidikan reproduksi sangat erat hubungannya dengan pendidikan SEX , ketika keluarga tidak mampu dengan alasan tabu maka petugas kesehatan di sini Bi9dan mempunyai peran yang sangat penting dan memiliki

No comments:

Post a Comment